Senin, 15 Maret 2010

Batik Indramayu

Ada banyak daerah sentra batik yang dipengaruhi batik keraton. Satu yang paling populer adalah batik Dermyon dari Indramayu. Dulu kawasan yang disebut Dermayu ini merupakan wilayah kerajaan Galuh.

Budaya membatik sudah berkembang dibawa oleh pedangang Cina yang semula pedagang tom (nila/tarum) dari LAsem, sehingga batik Dermayon punya kesamaan dengan batik Lasem, baik pola ataupun cara pembuatannya. Dengan nila sebagai pewarna dasar, batiknya punya beberapa ciri khas, antara lain penerapan satu warna (kelengan).

Saat Sultan Agung melebarkan kekeuasaan ke Jawa Barat, khususnya untuk persiapan menyerang VOC di Batavia, para petani Mataram didatangkan untuk mengolah sawah di Dermayu. Mereka ini pula yang membawa pengetahuan pola-pola batik Keraton Mataram, mengimbuhi budaya wastra batik yang sudah dikuasai oleh masyarakat Dermayu. Pola batik Dermayon yang dipengaruhi oleh batik keraton umumnya menampilkan ragam hias sawat dan lereng, misal pola parang-parangan, lung-lungan, liris, dan ceplok.

0 comments:

Posting Komentar